Minggu, 02 Oktober 2016

Soto Sokaraja - WARUNG BANYUMAS UNS SOLO

Soto merupakan salah satu kuliner yang sangat merakyat bagi masyarakat Indonesia. Banyak sekali varian soto di Indonesia, contohnya adalah soto bening di Solo, soto lamongan, soto madura, soto kudus dsb. Soto sendiri merupakan sejenis sup yang ditambahkan berbagai macam bumbu rempah dan daging sapi atau ayam. Kali ini saya akan mencicipi kuliner Soto Sokaraja. Soto Sokaraja adalah kuliner soto khas dari Kota Banyumas Jawa Tengah. Bagi anda yang tinggal di daerah Solo dan ingin mencicipi Soto Sokaraja, anda bisa mampir di Warung Makan Banyumas. Warung ini terletak di belakang kampus UNS (Dekat lampu  merah- Depan Gerbang Belakang UNS Solo).

Perbedaan Soto Sokaraja dengan soto lainnya adalah Soto Sokaraja tidak disajikan dengan nasi melainkan dengan lontong atau ketupat. Sambalnya pun berbeda. Soto Sokaraja disajikan dengan sambal yang terbuat dari campuran kacang tanah, gula merah, cabe, bawang putih dan air asam jawa.  Tidak lama menunggu, pesanan saya pun datang. Benar saja, rasa Sotonya gurih sekali. Rasa jahe, kemiri, kunyit, dan daun serainya begitu halus di mulut. Daging sapinya pun empuk, jadi buat anda yang punya masalah dengan gigi tidaklah perlu khawatir menyantapnya. Taburan kacang kedelai dan kerupuknya pun renyah ketika digigit.

Penasaran dengan rasa sambalnya, saya lalu mencoba mencicipinya. Rasa sambalnya agak mirip dengan sambal pecel atau sambal kacang gado-gado cuma ini sedikit lebih encer. Dan ketika ditambahkan ke dalam sotonya, hmmm rasanya bertambah sedap karena rasa gurihnya soto bercampur dengan manisnya sambal kacang ini.

Satu porsi Soto Sokaraja disini dibanderol dengan harga Rp. 12.000,00. Mungkin agak sedikit mahal, tapi rasa mahal itu terbayar dengan lezatnya rasa Soto Sokaraja disini. Warung Makan Banyumas sendiri buka mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan habis.


So?? Tunggu Apalagi?? Lestarikan Kuliner Nusantara layaknya melestarikan Budaya Nusantara :)


Salam Foody




Gie

1 komentar: