Sabtu, 01 Oktober 2016

Rujak Cingur - DEPOT PRABU

Rujak Cingur merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari Propinsi Jawa Timur, khususnya kota Surabaya. Kuliner ini cukup unik karena menggunakan bahan dasar cingur atau potongan bibir sapi yang telah direbus hingga empuk. Selain itu, Rujak Cingur juga menggunakan petis sebagai bahan bumbu sausnya. Bagi masyarakat Solo yang ingin menikmati rujak cingur, tidaklah usah jauh-jauh pergi ke Surabaya. Salah satu warung yang menyediakan sajian Rujak Cingur adalah DEPOT PRABU. DEPOT PRABU terletak di Jalan Sutan Syahrir no. 31 c Tambaksegaran Solo. Depot ini sudah berdiri sejak tahun 80-an lho, jadi namanya cukup melegenda di Solo. Konon, Depot ini merupakan pelopor munculnya kuliner-kuliner Jawa Timut di Solo.
Kita bisa memesan rujak cingur ala mentahan ataupun matengan di depot ini. Yang dimaksud matengan disini adalah, bahan sayurnya sudah direbus atau dimasak. Sedangkan mentahan adalah bahan sayurnya masih fresh tidak direbus atau dimasak terlebih dahulu. Kebetulan disini saya memesan rujak cingur yang matengan. 1 porsi rujak cingur berisi potongan nanas, bengkuang, tauge, lontong, cingur, dan kerupuk bawang.

Rasa rujak cingur disini sangat original sekali, dikarenakan bahan baku petisnya didatangkan langsung dari Sidoarjo. Perpaduan antara sayur dan buahnya juga menyatu dengan sempurna. Cingurnya pun empuk dan tidak berbau amis. Ada rasa manis, segar dan gurih yang terasa di lidah saya. Hal ini mengingatkan saya akan rasa rujak cingur di kampung halaman orang tua saya. Benar-benar gurih dan terasa nendang petisnya.

Seporsi Rujak Cingur dibanderol dengan harga Rp. 14.000,00. Selain Rujak Cingur, Depot Prabu juga menyediakan menu lotek, tahu tek, rujak singapur dan juga rawon. Depot ini buka mulai pukul 10.00 pagi sampai habis.


So?? Tunggu apalagi?? Lestarikan Kuliner Nusantara layaknya melestarikan Budaya Nusantara :)


Salam Foody



Gie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar